Thursday, January 31, 2008

Saya Kangen Chrisye 2

Mungkin saya subyektif dalam mengapresiasi lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Chrisye di era 1970-1980-an. Ketika masih dipengaruhi oleh Guruh Soekarnoputera, lagu-lagu Chrisye demikian syahdu dengan pemilihan kata-kata nan indah. Namun, tanpa makna. Kadangkala bila membaca bait lagu-lagu Chrisye di eranya Guruh, nggak jelas maunya apa.

Lain ketika dipengaruhi oleh Eros Djarot, Harry Sabar, Yockie Soeryoprayogo, lagu-lagu cintanya Chrisye demikian rasional. Ingat lagu " Leny" dan " Romoe Julia ". Tapi siapa sih yang peduli dengan bait-bait begituan? manakala dua insan manusia dimabuk asmara? he-he.

Tapi entah kenapa ketika Chrisye dipengaruhi oleh para musisi di era 2000, saya malah semakin tak begitu suka. Terutama ketika digarap aransemen lagunya oleh Erwin Gutawa. Hanya kesan megah dan warna-warni saja lagu-lagunya Chrisye. Lagu " Merpati Putih " menjadi tak bernyawa. Hanya kemasannya saja yang menjadi wah dan mewah.

Saat Chrisye berpulang, saya juga meliput sejak dari rumah duka di Jalan Asem Dua, Cipete hingga ke TPU Jeruk Purut, Kemang, Jakarta Selatan. Hal yang dramatis saya alami ketika saya mengemudikan mobil dari rumah duka menuju pemakaman, saya tak sengaja memilih gelombang radio Pesona FM Jakarta, yang sepanjang hari memutar lagu-lagu yang menjadi hitnya Chrisye.

Apalagi sesampainya di pemakaman, hujan turun dengan derasnya. Teringat saya dengan bait lagu Chrisye di lagu yang berjudul : " Selamat Jalan Kekasih " (Album : Metropolitan, Musica Studio 1983).

"Resah rintik hujan yang tak henti menemani. . . .
Sunyinya malam ini,sejak dirimu jauh dari pelukan.
Selamat jalan kekasih, kejarlah cita-cita. . ."

Ooh. . . .

3 comments:

Anonymous said...

aku berkunjung ki? apike blogke.
salam

Unknown said...

Saya tidak begitu kenal dengan Chrisye, tp saya hapal bbrp lagunya. Setidaknya dari syairnya saya jd tahu bahwa Chrisye adalah sosok Pencari. Dan sy yakin dia telah menemukan apa yang dia cari.

Salam

Magda R M said...

Setuju banget dengan pendapatnya tentang warna lagu-lagu Chrisye.